Tips belanja online aman, khusus di toko bagus

sudah belasan tahun saya belanja online… aman-aman saja, karena bisa membedakan mana seller yang asli dan mana seller penipu ..

Tetapi , ternyata hari kemarin tanggal 08-feb-2014 , ternyata bisa kena tipu juga oleh seller di tokobagus. Penipu berhasil bawa kabur uang saya sebesar 2jt,… hehehe …. :)  (ilang duwit kok ketawa ,,, hehe … saya mentertawakan diri sendiri …).

Ternyata seller tersebut sangat lihai dan profesional. sangat rapi sekali. mulai dari cara pemasangan iklan sampai cara menjawab telepon. sepertinya mereka sudah punya skenario. mempersiapkan semua jawaban yang kira-kira akan ditanyakan oleh calon pembeli.

Hingga saat saya menulis sekarang ini, menurut saya belanja di tokobagus yang aman adalah transaksi COD.  jangan memberikan uang DP sebelum ketemu dengan penjual.

Bila tidak bisa melakukan COD, maka kita harus ada referensi dan testimoni yang bisa dipercaya..

 

baiklah, untuk menghibur diri, saya ambil beberapa tips dari web tentang cara aman transaksi di tokobagus. Mudah mudahan dapat membantu anda untuk transaksi online secara aman di tokobagus.

 

Tips belanja aman dari kuiserba.blogspot , farhanshare.blogspot, detektifmaya.com dan resmi dari tokobagus

 

Dari situs resmi toko bagus :

=========================================

Gunakan Akal Sehat Anda

 

Percayalah pada nalar sehat Anda. Jika dirasa ada yang tidak masuk akal, biasanya dalam kenyataan memang tidak baik.

Selain hasil pemikiran, firasat Anda juga turut berperan untuk menentukan apakah penjual bisa dipercaya atau tidak. Jika memang kurang meyakinkan, lebih baik batalkan saja.

 

Memilih Penjual Terpercaya

 

Utamakan untuk bertransaksi dengan penjual terpercaya (verified member) dan bereputasi baik yang telah memverifikasi alamatnya kepada kami. Dengan cara ini, Anda akan terhindar dari penjual yang tidak jelas atau tidak dikenal.

Persentase indikasi penjual yang melakukan penipuan online diantara jumlah verified member kami adalah 0 % dan seandainya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kami dapat menginformasikan alamat penjual tersebut.

 

Lakukan Riset Sederhana

 

Kumpulkan informasi dan lakukan riset sederhana mengenai produk yang akan dibeli maupun penjual itu sendiri. Anda harus mengetahui info tentang produk serta penjualnya dengan jelas dan lengkap

Perhatikan apakah penjual membuat deskripsi iklan serta foto asli hasil jepretan sendiri. Jika iya, maka ini adalah pertanda baik.

Gali informasi dan kenali penjual dengan baik, tanyakan produk serta alamat penjual tersebut selengkap-lengkapnya.

Cek apakah ada iklan produk lain yang ditawarkan oleh penjual yang sama. Jika dia menjual produk laris favorit seperti (MP3 player, handphone, kamera digital, games consol, dll) dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga pasaran, maka penjual ini patut Anda curigai.

Jika lokasi/alamat penjual terjangkau dengan lokasi Anda, lebih baik Anda bertemu secara langsung. Pilih lokasi pertemuan di tempat publik dan usahakan membawa teman untuk menemani Anda.

Cara Pembayaran

 

Waspada terhadap nomer telepon tidak jelas berkode area luar negeri yang meminta cara pembayaran melalui Western Union, Moneygram dan cek.

 

Dari kuisserba blogspot:

====================

3 Langkah Aman Berbelanja Di Tokobagus - Belanja online memang menyenangkan, kita tidak susah repot-repot naik motor, naik mobil atau naik kuda untuk pergi belanja di toko-toko. Kita tinggal rerebahan di kamar sambil akses toko online, pesan, bayar, ttinggal nunggu deh barangnya tiba didepan rumah yang diantar sama kurir. Tetapi dibalik kemudahan itu, terkadang kita sedikit ragu untuk membeli barang secara online, karena takut kena tipu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Apalagi harga barangnya mahal. Nha, Untuk kali saya akan berbagi Tips Cara Bijak Berbelanja Online Di Tokobagus. Kenapa saya pilih Tokobagus, ya karena tidak sedikit yang kena tipu di Tokobagus. Bukan berarti pihak Tokobagus yang salah, tetapi bisa juga kita yang kurang cermat memilih penjual yang jujur.

Berikut adalah beberapa langkah agar tidak kena tipu di Tokobagus :

1. Pastikan Akun Penjual Sudah Verified Member

Ini adalah cara paling ampuh agar kita tidak tertipu saat berbelanja di Tokobagus. Karena, data detail penjual sudah ada ditangan pihak Tokobagus. Jika kita ditipu oleh akun verified (tetapi jarang, bahkan belum pernah terjadi), kita tinggal hubungi saja Tokobagus. Bukan berarti akun yang belum Verified Member itu semua penipu, banyak juga kok yang jujur dan terpercaya

2. Cek Nomor Telephone/HP/Rekening/PINBB di Google Search

Yak, cara ini mungkin jarang dilakukan oleh sebagian orang yang belanja di Tokobagus dengan akun penjual yang belum Verified Member. Coba masukan nomor telepon/hp/rekening yang tertera di keterangan iklan (barang) di Google Search lalu tekan enter, apakah ada artikel yang menyebutkan bahwa nomor terebut adalah nomor penipu alias sudah di blacklist oleh beberapa orang yang sudah tertipu. kalau cuma melihat alamat dan nama tokonya saja itu rawan sobat. Karena biasanya para penipu itu beraksi mengatasnamakan Toko-toko yang tidak melakukan jual-beli online.

3. Lebih baik COD

Tentu cara ini cara yang aman untuk menghindari tindak penipuan online di Tokobagus. Dengan bertemu langsung dengan penjual, otomatis banyak keuntunganya selain kita bisa melihat langsung barangnya, kita bisa mencoba, dan bertanya lebih banyak tentang kondisi barang yang mau dibeli. Apalagi barangnya bekas, jadi wajib cod an, kalau tidak memungkinkan untuk COD karena jauh dari peradaban (eh eh), lebih baik dimantapkan dulu tanya-menanyanya. Tapi jangan banyak nanya, nanti malah si penjualnya males nanggepin, hehe. Jangan lupa kalau COD di tempat umum, atau rumah yang agak jauh, pastikan bawa temen atau saudara untuk menemani, nanti kalau ada apa-apa di TKP atau dijalan, mungkin mogok mobilnya atau motornya, ban bocor mungkin, hehe bisa berabekan kalau sendirian.

Tips diatas adalah ringkasan dari pengalaman membaca di blog-blog keren di google search indonesia dan juga imajinasi saya agar tidak tertipu saat berbelanja di Tokobagus.

Sudah itu saja artikel 3 Langkah Aman Berbelanja Di Tokobagus ini. Semoga bermanfaat buat kalian semua yang sudah menyisihkan waktu untuk membaca tips ini.

 

 

dari farhanshare blogspot:

========================================

Tips berjual - beli aman di TokoBagus terbaru lengkap

Oleh Muhammad Farhan

Tips berjual - beli aman di TokoBagus terbaru lengkap

Toko Bagus.Com

Tips berjual - beli aman di TokoBagus terbaru lengkap - Sobat farhan suka berbelanja atau berbelanja online? ya, memang kini berbelanja online menjadi suatu trend di kalangan masyarakat, karena lewat berbelanja atau berjualan online, sobat tidak perlu repot-repot membuka toko untuk mempromosikan barang jualan sobat, atau bagi pembeli di toko online, mereka tidak perlu repot-repot mencari toko-toko yang lokasinya jauh dari tempat kediamanya, dan juga lebih mudah mendapat barang yang dicarinya.

Tapi sobat farhan zaman sekarang ini banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan keberadaan dari toko online ini untuk melakukan tindak kejahatan, modusnya pun beragam, dari mulai menipu konsumen, sampai menyriap konsumen, nah sobat farhan perlu memperhatikan beberapa unsur-unsur untuk dapat berjubel di toko online dengan aman dan tenang, sesuai topik kita sobat farhan, Kali ini farhan akan membahas tentang cara berjual beli aman di 

salah satu toko online terkemuka di Indonesia yaitu TokoBagus.com.


1. Membuat Verified Member pada akun kita terlebih dahulu.

Logo Verified Member

Sobat farhan mengapa kita harus membuat akun kita menjadi "verified member" terlebih dahulu? ya, sobat karena pihak dari tokobagus juga menganjurkan akun kita di verifikasi menjadi "verified member", jadi toko bagus akan mudah dalam menghubungi sobat bila ada kesalahan pendataan ataupun ternyata barang sudah terjual tapi tulisanya masih ready stock, keunggulan lain "verified member" ini adalah kita bisa melaporkan secara mudah tentang penipuan yang terjadi dalam berjual beli di Toko Bagus, cara membuatnya mudah kok, sobat klik "verifikasi akun" di menu tokobagus, lalu sobat isi data-data sobat dan pihak dari tokobagus akan mengirimkan sobat "verification code" melalui Pos Indonesia, nanti sobat cantumkan alamat rumah sobat, maka surat yang berisi verification code tersebut akan dikirimkan ke alamat yang sobat berikan.

2. Perhatikan keterangan deskripsi jualan, judul, dan Harga jualan.

Deskripsi Jualan

Sobat kenapa kita harus memperhatikan judul dan deskrepsi jualan? sobat farhan jika ingin membeli barang-barang dari toko online harus memperhatikan unsur-unsur penting seperti berikut. Lihatlah judul, sama atau tidak dengan deskripsi dan gambar yang di sertakan, dan juga harga, sobat lihatlah harga, sesuai / masuk logika atau tidak dengan barang/jasa yang diperjual belikan, dan juga sobat carilah barang dengan rating yang bagus dan sudah dilihat banyak orang, dan juga sobat lihat deskripsi "kondisi" yang mungkin mereka bilang "baru" tapi sobat harus samakan dengan gambarnya bahwa kelihatanya barang itu baru/bekas, tapi bisa juga menghubungi lebih lanjut kepada penjualnya.

3. Perhatikan deskripsi profil, Verified Member, dan kontak "penjual".

Sobat kenapa kita perlu memperhatikan unsur profil dan kontak "penjual"? karena unsur tersebut menjadi salah satu unsur penting dalam berjubel di toko bagus, kita perlu melihat dari segi Kontak (seperti E-mail, telepon, "member sejak kapan", "lokasi", dan website untuk menjual belikan barang daganganya). Dan sobat unsur yang terpenting adalah "Verified Member" pada deskripsi profil penjual, karena dengan kita mempunyai status dengan "verified member" akan lebih banyak pembeli berminat membeli di lapak dagangan kita kenapa? karena dengan "penjual" mempunyai status "verified member" pembeli tidak pusing takut tertipu penjual, karena penjual yang berstatus "verified member" adalah orang  yang sudah memverifikasi dengan surat yang dikirim ke rumah penjualnya, dengan itu pembeli akan lebih mudah mem-proses bila terjadi kesalahan ataupun penipuan pembeli terhadap penjual, karena tokobagus sudah memiliki data yang lengkap tentang penjual.

4. Perhatikan Spesifikasi, Deskripsi, dan komentar.

Sobat farhan kenapa kita perlu memperhatika spesifikasi, deskripsi, dan komentar, karena unsur-unsur tersebut juga penting di perhatikan, seperti kita harus bisa mengetahui spesifikasi secara logika terhadap barang yang akan di jual, dan juga deskripsi, perhatikan "penjual" memberikan deskripsi seperti kredit angsuran, harga nego, paling murah, dll, kita harus cek terlebih dahulu data-data tersebut benar atau tidak kepada si "penjual", jadi kita jangan mempercayainya terlebih dahulu sebelum mengetahui kebenaranya. oh iya sobat terakhir, sobat harus memperhatikan "komentar" konsumen tentang barang jualan tersebut, bila ada seseorang atau lebih yang menyebutkan si "penjual" penipu, ataupun barang yang di jual kurang bermutu, kita harus menjadi-kan unsur tersebut sebagai pertimbangan dalam membeli barang jualan yang akan kita beli itu, tapi juga sobat jangan terlalu mempercayai komentar tentang si "penjual" ataupun barang daganganya yang bersifat "negative" ataupun "positive", bisa saja komentar itu di poskan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, yang ingin cepat barang jualanya laku, ataupun ingin barang jualan si "penjual" tidak laku.

 

yang ini dari detektifmaya com:

Tips berbelanja aman di Tokobagus

Kali ini Mr. i akan memberikan tips aman bertransaksi di Tokobagus buat para Detektif Semua.

Seperti yang kita ketahui, sejak Tokobagus memulai genderang perangnya di Media Massa khususnya di Televisi, maka sejak itu pula Tokobagus semakin terkenal, pengunjung yang mencari barangnya makin banyak dan yang berpartisipasi menjual barang secara online di Tokobagus semakin bertambah. Jadi bisa Mr. i katakan bahwa Tokobagus menjadi leader sebagai website periklanan terbesar di Indonesia.

Prinsipnya dimana ada gula diatas meja bisa dipastikan disitu banyak lalat yang mengerubuninya. Yah semakin besarnya Tokobagus maka semakin banyak pula para Penipu Online yang membanting setir bermain di Tokobagus, Namun sekali lagi saya tekankan disini, jadilah pembeli yang bijak, jangan mudah tertipu dengan harga murah namun tidak bersedia melakukan COD. Dan jika anda sudah terlanjur tertipu di salah satu lapak di Tokobagus, sebaiknya laporkan ke Tokobagus sesegera mungkin agar dapat di Blokir akun Penipunya oleh pihak Tokobagus.

Mr. i memberikan beberapa Tips berbelanja online di Tokobagus agar bisa terhindar dari Penipu-Penipu Online, berikut Tipsnya :

Lihat status Penjualnya apakah Verified Member atau tidak. Apa itu Verified Member? Verified Member adalah status pedagang yang diberikan oleh Pihak Tokobagus yang telah memverifikasikan alamat aslinya, sederhananya seperti ini, Penjual mengajukan permohonan Verified Member ke Tokobagus lalu Tokobagus akan mengirimkan Nomor PIN melalui surat ke alamat Penjual dan Penjual yang telah menerima PIN akan memasukan nomor PIN nya itu ke Akun Tokobagusnya, sehingga secara tidak langsung bisa dikatakan Alamat yang didaftarkan oleh Penjual benar adanya.

Lihat lingkaran merah yang Mr. i tandai di gambar atas, itu contoh akun Penjual yang telah mendapatkan Status Verified Member di Tokobagus. Namun itu bukanlah acuan yang valid dan belum bisa dikatakan 100% anda safe dalam berbelanja dengan Penjual yang berstatus Verified seperti itu. Tapi setidaknya itu jadi acuan anda bahwa Penjual telah memberikan itikad baik dalam berjualan online.

Sebaiknya melakukan kontak langsung dengan Penjual melalui handphone dan tanyakan spesifikasi dengan sejelas-jelasnya, dan jika ada Pin Blackberrynya dan kebetulan Anda juga menggunakan Blackberry, maka invitelah Penjual dan mintalah dia untuk memfoto ulang barang yang dijual dengan hanya menggunakan Blackberry saat itu juga dari segala sisi.

Dan terkahir Mr. i katakan bahwa Transaksi teraman adalah dengan melakukan COD alias Cash On Delivery atau Ketemuan secara langsung ditempat yang telah disepakati. Dan perlu diingat bahwa sebaiknya Transaksi COD dilakukan ditempat keramaian dan Anda jangan datang sendirian, ajaklah seorang teman untuk menemani Anda.

Atau jika Anda berada dikota yang berbeda dengan Penjual maka Solusi teraman bertransaksi biar tidak tertipu adalah dengan menggunakan Jasa Rekber, apa itu Rekber? KLIK DISINI

No comments:

Post a Comment