Bearing rotor antena arah

Bila anda mempunyai antena arah, maka hukumnya setengah wajib memasang antena rotator. Fungsi antena rotator ini adalah untuk memutar dan mengarahkan antena ke arah yang kita inginkan.

Masalahnya antena rotator ini harganya menurut saya sangat mahal, bahkan bisa lebih mahal dari harga radio nya.
kali ini saya ingin sharing ide agar punya rotor harganya murah :)

saya beli rotator kopek 1002 second, harganya 350rb . kondisinya cukup ok .
kemudian untuk bearingnya, saya ke pasar cikapundung bandung, disana saya mendapatkan bearing untuk mesin pabrik, seharga rp.60 ribu rupiah.
karena bearing ini tidak kedap air, maka saya beli sambungan paralon flok shock 1inch ke 3 inch, harganya 4ribu rupiah  . Paralon inilah yang menahan air hujan dan panas.
Jangan lupa untuk lem paralon ini menggunakan ruber shield, atau lem paralon, atau apapun yang bisa menahan rembesan air dari pipa ke bearing.
Akhirnya rotator jadinya seperti gambar ini. Total biaya untuk memiliki rotator adalah 350rb + 60rb + 4rb = 414 ribu rupiah

image

salam

No comments:

Post a Comment